Senin, 27 Januari 2014

Modul Menumbuhkan Sifat Disiplin



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyusun modul ini dengan baik dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Dalam modul ini saya membahas tentang “Cara Menumbuhkan Sifat Disiplin pada Mahasiswa”.
Modul ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Kepribadian I dari Ibu Rahmi Fauziah, S.Psi, MA, Psikolog. Keberhasilan saya dalam membuat modul ini tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya modul ini.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan modul ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki, untuk itu saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan modul ini, sehingga dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Dengan terbitnya modul ini diharapkan dapat digunakan sebagai panduan mahasiswa  yang ingin menumbuhkan sifat disiplin dalam dirinya.


Banjarbaru, 3 Desember 2013


Penulis





MODUL
MENUMBUHKAN SIFAT DISIPLIN PADA MAHASISWA

I.          PENDAHULUAN
a.    Latar Belakang
Sehubungan dengan upaya meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa psikologi angkatan 2013, mahasiswa di tuntut agar mempunyai sikap disiplin yang tinggi. Disiplin penting diterapkan di bangku perkuliahan oleh dosen dan mahasiswa. Disiplin merupakan pengaruh yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi lingkungan. Disiplin tumbuh dari kebutuhan menjaga keseimbangan antara kecenderungan keinginan individu untuk berbuat agar memperoleh sesuatu dengan pembatasan atau peraturan yang diperlukan oleh lingkungan terhadap dirinya.
Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk menepati atau mematuhi dan mendukung ketentuan, tata tertib peraturan, nilai serta kaidah-kaidah yang berlaku. Perilaku disiplin bagi mahasiswa adalah salah satu kunci sukses untuk dapat meraih prestasi yang maksimal. Fungsi utama disiplin adalah untuk mengajar mengendalikan diri dengan mudah menghormati dan mematuhi aturan. Oleh karena itu, seseorang yang disiplin dalam kehidupannya, akan dengan mudah mencapai keberhasilan. Dalam prakteknya, kedisiplinan memerlukan konsistensi dari setiap individu dalam melaksanakannya. Disiplin memerlukan pemahaman yang mendalam bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan, karena di dalam disiplin terkandung unsur-unsur yang harus dipenuhi atau dijalankan.
Namun sehubungan dengan hal tersebut masih terdapat mahasiswa yang tidak disiplin, dengan bukti yang ada seperti pada waktu jam mata kuliah sedang berlangsung ada mahasiswa yang terlambat masuk, ada mahasiswa yang tidak hadir tanpa kabar yang jelas, ada pula yang hanya bermain, berbicara, bercerita, dan ada pula mahasiswa yang tidak mengumpul tugas.
b.    Deskripsi Singkat
Disiplin adalah taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, disiplin berarti melatih batin dan watak supaya perbuatan kita menaati tata tertib. Sedangkan secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Latin “disibel” yang berarti Pengikut. Seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib.
c.    Tujuan Pembelajaran
1)   Kompetensi Dasar
Menanggapi pentingnya membentuk sifat disiplin dan cara menumbuhkan sifat disiplin dalam diri setiap mahasiswa psikologi angkatan 2013.
2)   Materi pokok         
Menumbuhkan sifat disiplin dalam diri setiap mahasiswa psikologi angkatan 2013.
3)   Indikator        
-       Memahami pengertian disiplin.
-       Pentingnya sifat disiplin untuk mahasiswa  psikologi angkatan 2013.
-       Cara menumbuhkan sifat disiplin di dalam diri setiap mahasiswa  psikologi angkatan 2013.

II.      Materi Pembelajaran
Disiplin dalam pengertian yang amat dasar ada dua yaitu :
1)  Ketaatan pada tata tertib.
2)  Latihan batin dan watak dengan maksud akan mentaati peraturan.
Jadi arti disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan tata tertib, karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada hatinya. Dilihat dari sudut pandang sosiologis dan psikologis, disiplin adalah suatu proses belajar mengembangkan kebiasaan-kebiasaan, penugasan diri, dan mengakui tanggung jawab pribadinya terhadap masyarakat.
Disiplin adalah sikap patuh terhadap peraturan yang berlaku, sikap disiplin sangat penting dalam kegiatan perkuliahan di kampus. Sikap tersebut dapat menciptakan suasana perkuliahan yang nyaman dan kondusif, dengan bersikap disiplin mahasiswa dapat mencapai tujuan perkuliahan. Sikap disiplin merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi perkuliahan. Apabila seorang mahasiswa memiliki sikap disiplin dalam kegiatan perkuliahan, maka kepatuhan dan ketekunan perkuliahan akan terus meningkat sehingga membuat prestasi kuliah meningkat juga.
Unsur-unsur yang terkandung dalam pengertian disiplin mencakup beberapa hal, diantaranya:
1.    Taat, artinya selalu patuh pada peraturan yang berlaku. Ketaatan didalam disiplin diperlukan supaya setiap waktu yang ada dapat digunakan secara efektif.
2.    Tertib, berarti mengerjakan kegiatan dengan kesadaran secara sistematis (terarah) untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien yaitu didalam kegiatan perkuliahan sebaiknya mahasiswa menentukkan arah dan tujuan dari perkuliahhan sehingga dengan begitu akan tercapai hasil yang efektif dan efesien.
3.    Tanggung Jawab, pada saat kuliah diperlukan adanya rasa tanggung jawab dari dalam diri mahasiswa supaya pada saat kuliah menumbuhkan  rasa memiliki kewajiban untuk belajar sehingga akan membuat mahasiswa lebih terfokus pada pelajaran yang dipelajari dan bukan pada hal lain.
Disiplin mengacu pada pola tingkah laku dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1.    Adanya hasrat yang kuat untuk melaksanakan sepenuhnya apa yang sudah menjadi norma, etik, dan kaidah yang berlaku dalam masyarakat.
2.    Adanya prilaku yang dikendalikan.
3.    Adanya ketaatan (obedience)
Macam-Macam Disiplin :
1.    Disiplin dalam Menggunakan Waktu.
Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik.
2.    Disiplin dalam Beribadah
Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peraturan yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk disiplin.
3.    Disiplin Diri Pribadi
Apabila dianalisis maka disiplin mengandung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
4.    Disiplin Sosial
Pada hakekatnya disiplin sosial adalah disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh prilaku disiplin sosial adalah melaksanakan siskamling serta kerja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.
5.    Disiplin Nasional
Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.
Ada beberapa hal yang menyebabkan kita untuk sulit dalam berdisiplin diri, antara lain:
1.      Manusia memiliki sifat-sifat mendasar seperti: cenderung bermalas-malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan-peraturan yang ada.
2.      Kita selalu menganggap pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”.
3.      Manusia cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama. (Harianto, 2010)
Namun apabila kita ingin tetap dalam kondisi untuk berdisiplin diri maka harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjalankan supaya dapat teratasi kondisi-kondisi yang membuat kita untuk tidak dapat mendisiplinkan diri. Yang bisa diperoleh dengan mendisiplinkan diri :
1.    Tetap fokus pada tujuan semula
2.    Menjadi lebih produktif, efektif dan efisien sekaligus.
3.    Menjaga performa.kinerja pada level tertinggi
4.    Membangun mindset/pola pikir yang sehat dan kuat.
5.    Berfikir lebih banyak hal yang bisa dicapai dalam hidup ini.
Jadi apabila mahasiswa memiliki sikap disiplin yang tinggi dalam kegiatan kuliah tentunya prestasi belajar yang diperoleh menjadi baik. Sebaliknya jika mahasiswa tidak memiliki sikap disiplin dalam belajar maka kegiatan belajarnya tidak terencana dengan baik sehingga kegiatan belajarnya tidak teratur dan membuat prestasi belajar akan menurun.

III.   Kegiatan Pembelajaran

Dengan melakukan diskusi dan persentasi tentang sifat disiplin : apakah pengertian disiplin itu, apa pentingnya serta manfaat sifat disiplin itu, dan bagaimana cara menumbuhkan sifat disiplin di dalam diri setiap mahasiswa  psikologi angkatan 2013, kemudian menetapkan satu cara agar sifat disiplin itu bisa terealisasikan pada mahasiswa psikologi angkatan 2013.
·      Mengapa sifat disiplin perlu ada didalam diri mahasiswa psikologi angkatan 2013 ?
Karena dengan adanya sifat disiplin dalam diri mahasiswa psikologi angkatan 2013 maka mahasiswa akan selalu bisa tepat waktu dan ridak akan ada lagi yang terlambat, dan ketika jam mata kuliah berlangsung semua serius mendengarkan dan mengikuti rangkaian pembelajaran dalam perkuliahan tidak ada lagi yang berbicara sendiri-sendiri, bermain gadget, serta semua mahasiswa dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Dan juga jika mahasiswa psikologi angkatan 2013 disiplin dalam belajar maka akan meningkatkan prestasi belajar dan semua mahasiswa bisa lulus dengan nilai yang baik pula.
Dan juga sifat disiplin sangat bermanfaat bagi individu yang merealisasikan sifat itu pada dirinya seperti menumbuhkan kepekaan, menumbuhkan kepedulian, mengajarkan keteraturan, menumbuhkan ketenangan, memiliki sikap percaya diri yang tinggi, menumbuhkan sifat kemadirian dalam individu itu sendiri, menumbuhkan keakraban,  akan memiliki integritas yang tinggi sehingga apa yang dilakukan sesuai dengan tindakan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab, memiliki pola hidup yang teratur dengan menaati jadwal yang sudah dibuat dengan mudah melakukan managemen waktu yang tepat, akan ditekankan selalu dalam diri untuk selalu berpikir positif dan bahwa mengembangkan diri merupakan hal yang penting dalam diri. Disiplin merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu itu sendiri secara berkesinambungan atau konsisten sehingga diharapkan akan menjadi suatu kebiasaan yang mengarah pada tercapainya kualitas diri yang lebih baik, karena dengan kondisi tersebut akan membentuk pribadi diri kita di masa depan dalam meraih tujuan hidup yang lebih baik
·      Bagaimana cara menumbuhkan sifat disiplin di dalam diri setiap mahasiswa  psikologi angkatan 2013 ?
Terkadang untuk mendisiplinkan diri itu sulit, karena banyak sekali hambatan atau rintangan yang terjadi dalam kehidupan. Untuk itu perlu banyak motivasi dan semangat untuk tetap bisa mendisiplinkan diri. Disiplin merupakan suatu siklus kebiasaan yang kita lakukan secara berulang-ulang dan terus menerus secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan. Disiplin merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu sendiri secara berkesinambungan atau konsisten.
Seorang mahasiswa perlu memiliki sikap disiplin dengan cara menumbuhkan kesadaran diri melakukan latihan yang memperkuat dirinya sendiri untuk selalu terbiasa patuh dan mempertinggi daya kendali diri. Sikap disiplin yang timbul dari kesadarannya sendiri akan dapat lebih memacu dan tahan lama, dibandingkan dengan sikap disiplin yang timbul karena adanya pengawasan dari orang lain. Seorang mahasiswa yang bertindak disiplin karena ada pengawasan ia akan bertindak semaunya dalam proses belajarnya apabila tidak ada pengawas. Karena itu perlu ditegakkan di bangku perkuliahhan berupa koreksi dan sanksi.
Cara untuk menumbuhkan sifat disiplin dalam diri :
1.      Kenali diri anda terlebih dahulu
2.      Fokus pada tujuan jangka panjang
3.      Mengatur waktu
4.      Mulailah
5.      Berilah penghargaan pada diri sendiri
6.      Carilah Dukungan dari orang lain

·      Upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk menumbuhkan sifat disiplin di dalam diri mahasiswa psikologi angkatan 2013 ?
1.       Berusaha membiasakan diri untuk selalu tepat waktu dan tidak terlambat masuk kuliah.
2.       Berusaha membiasakan diri untuk selalu tepat waktu mengumpul tugas pada tenggat waktu yang ditentukan dosen.
3.       Berusaha menahan diri untuk tidak berbicara sendiri dengan teman ketika perkuliahan sedang berlangsung.
4.       Berusaha menahan diri untuk tidak memainkan gadget ketika jam perkuliahan berlangsung.

IV.   EVALUASI
1.    Apa yang dimaksud dengan disiplin ?
2.    Seperti apa pentingnya disiplin untuk mahasiswa ?
3.    Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan sikap disiplin dalam diri mahasiswa ?

V.      DAFTAR PUSTAKA
Robbins, Anthony. 2006. Awaken The Giant Within. Batam: Karisma Publishing Group.
Branson, Richard. 2006. Srew it, Let’s do it. London : Virgin Books Ltd.
































MODUL
MENUMBUHKAN SIFAT DISIPLIN

DISUSUN  UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH PSIKOLOGI KEPRIBADIAN  1
Dosen Pengampu :
Rahmi Fauzia, S.Psi, M.A, Psikolog


Description: C:\Users\AXIOO\Documents\makalah sikap\768px-Logo_unlam.jpg









Oleh :
Uswatun Hasanah
I1C113076


UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
BANJARBARU
2013

3 komentar:

  1. Play Online Betting Account | Shootercasino sbobet ทางเข้า sbobet ทางเข้า 바카라사이트 바카라사이트 638Bet365Kor: Situs Daftar Agen Slot Online Terpercaya & Judi Online

    BalasHapus